Operator sekolah saat ini jadi kunci pengelolaan data pada Dinas Pendidikan, terkait dengan pengintegrasian seluruh data pokok pendidikan (dapodik) ke dalam sebuah aplikasi. Peran dan tugas tersebut sangat penting karena menyangkut pendataan tingkat sekolah yang harus bisa dipertanggungjawabkan. Data itulah yang dipakai Kemdikbud untuk perencanaan dan evaluasi program pendidikan.

Bahkan peng-input-an data itu menjadi tum­puan program BOS, DAK, subsidi BSM dan berbagai tunjangan untuk pendidik dan tenaga kependidikan (PTK). Termasuk yang terkini adalah penerbitan surat keputusan tunjangan sertifikasi (SKTP) bagi PTK yang bersertifikat pendidik guna pencairan dana sertifikasi.

Tugas pokok operator sekolah pada dasarnya menyebarkan formulir pendataan kepada sekolah, PTK, dan peserta didik dalam rangka pengumpulan data untuk dimasukkan ke dalam aplikasi; memasukkan data sesuai dengan yang terisi di formulir pendataan, dan mengirim data itu ke server melalui aplikasi dapodik. → Read more

ljun_1_1Medan, Kemdikbud – Kualitas lembar jawaban ujian nasional (LJUN) tahun ini diakui jauh lebih baik dibandingkan tahun lalu. Bahkan secara kasat mata dapat terlihat bahwa kertas LJUN tahun ini lebih tebal daripada kertas LJUN tahun 2013 lalu. Dengan kualitas kertas yang lebih baik ini, diharapkan proses pemindaian dapat berlangsung dengan cepat dan tanpa kendala berarti.

Anggota tim pemindaian Universitas Negeri Medan (Unimed), Ian Azhari mengatakan hal itu saat ditemui di sela-sela proses pemindaian LJUN di Gedung Serba Guna Unimed, Selasa (15/04/2014). Ia menjelaskan, proses pemindaian sebenarnya tidak memerlukan waktu yang lama. Dalam satu detik, mesin pemindai dapat memindai 2 hingga 3 LJUN. Namun ini hanya bisa dilakukan jika kertas dalam kondisi yang sangat baik. → Read more

Ketentuan Umum

  • SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya.
  • Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswanya.
  • Sekolah yang berhak mengikutsertakan siswanya dalam SNMPTN adalah sekolah yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan yang mengisikan data prestasi siswa di PDSS.
  • Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki rekam jejak prestasi akademik di PDSS.
  • Siswa pelamar wajib membaca ketentuan yang berlaku pada masing-masing PTN di laman PTN yang dipilih.

Ketentuan Khusus

Persyaratan Sekolah

Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah:

  • SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta, termasuk sekolah RI di luar negeri yang mempunyai NPSN.
  • Telah mengisi PDSS → Read more
Jadwal Kegiatan SNMPTN 2014
Kegiatan Periode
Periode pendaftaran oleh siswa pelamar 17 Februari 2014 jam 08:00 – 31 Maret 2014 jam 23:59 WIB
Periode melengkapi pendaftaran oleh siswa pelamar 17 Februari 2014 jam 08:00 – 31 Maret 2014 jam 23:59 WIB
Finalisasi pendaftaran oleh siswa, siswa dapat mulai mengunduh kartu peserta 17 Februari 2014 jam 08:00 – 31 Maret 2014 jam 23:59 WIB
Pengumuman Hasil SNMPTN 27 Mei 2014 jam 00:00 – 27 Mei 2014 jam 00:00 WIB

Sumber : https://web.snmptn.ac.id/