Lulusan SMK Justru Lebih Terampil, Ini Buktinya

Para orang tua seringkali menginginkan anaknya harus masuk Sekolah Menengah Atas (SMA) kemudian melanjutkan jenjang ke Perguruan Tinggi (PT). Masih banyak masyarakat yang memandang jurusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau vokasional sebelah mata. Padahal, lulusan SMK justru lebih terampil dan siap terjun ke dunia kerja.

Di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Serang Banten, memberikan wadah pelatihan bagi para lulusan-lulusan SMK atau sederajat untuk meningkatkan kemampuan dan daya saing mereka di dunia kerja. Misalnya ada pelatihan berbasis produksi, pelatihan sebagai teknisi ahli, konsultasi, uji kompetensi, dan lainnya,

Program pelatihan yang digulirkan juga berbasis kompetensi selama 2-3 bulan. Pelatihan yang diberikan terdiri dari teknik las, teknik listrik, baik diasramakan maupun tidak. BLK Serang telah bekerja sama dengan 330 lebih perusahaan untuk menyalurkan para lulusan dan bibit unggul.
Saat kunjungan Kementerian Tenaga Kerja, para peserta latihan di BLK sedang serius berlatih dengan berbagai mesin dan fasilitas yang diberikan. Rata-rata mereka semua adalah lulusan SMK yang ingin mempersiapkan diri lebih matang untuk terjun ke dunia kerja.

“Saya alumni dari SMAN 2 Serang daftar sendiri untuk berlatih sebagai teknisi program pelatihan 2 bulan. Di bidang las industri,” kata peserta BLK, Muhammad Rizki Nugraha kepada JawaPos.com di lokasi, Jumat (21/7).
Dengan mengikuti pelatihan di BLK, Rizki mengaku lebih percaya diri jauh lebih terampil saat terjun ke dunia kerja nanti. Dia juga lebih percaya diri tak akan menganggur karena sudah disalurkan ke perusahaan.

“Saya di sini memang ingin cari ilmu dan rencananya mau sambil kerja tetapi tetap kuliah. Sengaja latihan dulu di BLK supaya nanti enggak kaget lagi, sudah adaptasi,” tuturnya.
BLK Serang juga menyediakan program unggulan yakni sebagai teknisi ahli. Durasi pelatihannya selama dua tahun dengan perbandingan 60 persen praktek dan 40 persen teori. Standar pelatihan yang digunakan mengadopsi Austria, Eropa.

 

Sumber: http://www.jawapos.com