FESTIVAL FILM DOKUMENTER PELAJAR 2017

Pusat Pengembangan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan festival film dokumenter pelajar tahun 2017 untuk siswa SMA dan SMK se Indonesia.

 

Dari hasil seleksi terpilih 20 peserta, untuk provinsi Jawa Tengah ada 4 SMK , salah satunya adalah SMK Negeri 3 Jepara, atas nama Khulaila Lathuba, Nurul Hidayati dan Wahyu Wulansari ketiganya adalah siswi kelas X Kompetensi Keahlian Produksi Dan Penyiaran Program Televisi (P3T). Pada tanggal 7 s.d 13 September 2017 di undang di Jakarta untuk mengikuti  Workshop tentang pefilman.

 

Selesai mengikuti kegiatan workshop semua peserta dari 20 SMK diminta membuat film dan akan  diseleksi untuk menentukan pemenangnya/juaranya.

  

Judul Film yang dibuat SMK Negeri 3 Jepara adalah “Pohon Api-Api”   yang  lokasi pembuatan filmnya  di desa Bulak, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara.

Selama 2 hari (2-3 Oktober 2017) Bpk. Tanaka dan Bpk. Ari Ibnuhajar  sebagai mentor dari Jakarta mendampingi siswa SMK Negeri 3 Jepara dalam proses pengambilan gambar dan editing.

Film “Pohon Api-Api”   merupakan film yang didalamnya mencerminkan unsur pembinaan karakter bagi bangsa Indonesia.

 

Rangkaian dari kegiatan tersebut pihak Pusat Pengembangan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyerahkan beberapa DVD kepada Bpk Drs. Djasmani selaku Plt. Kepala SMK Negeri 3 Jepara dan dilanjutkan  kegiatan Nonton bersama Film “Ada Surga dirumahmu”  yang dihadiri oleh pemeran utamanya yaitu Husein Alatas. Selesai menonton dilanjutkan Diskusi bersama sekitar perfilman.