Sosialisasi Perkuliahan dan Kerja (Magang) dalam Program International Program of Industry Academi Collaboration in Taiwan

Bursa Kerja Khusus SMKN 3 Jepara bekerjasama dengan Yayasan Pendidikan Nasional Bhakti Jaya Indonesia menggelar sosialisasi perkuliahan dan Kerja (Magang) dalam program International Program of Industry Academi Collaboration in Taiwan. Bertempat di Aula Kampus SMK Negeri 3 Jepara, Senin 30 Juli 2018, acara sosialisasi ini menghadirkan Bapak Bambang Nurfauzi, ST.MM. sebagai pembicara. Bapak Bambang Nurfauzi, ST.MM adalah Ketua Yayasan Pendidikan Bhakti Jaya Indonesia yang mempunyai lembaga pendidikan kesetaraan yang beroperasonal di Taiwan, selain itu beliau juga memiliki lembaga kursus diantaranya kursus bahasa inggris, kursus mandarin, kursus menjahit, dan kursus salon yang semuanya beroperasional di Taiwan. Acara ini bertujuan untuk mesosialisasikan perihal informasi beasiswa yang dapat diperoleh oleh para peserta yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi di Taiwan.Acara sosialisasi perkuliahan dalam program International Program of Industry Academi Collaboration in Taiwan diikuti oleh seluruh siswa siswi kelas XII. Sosialisasi ini dibuat dalam dua gelombang. Gelombang pertama diikuti oleh siswa kelas XII AKL 1, AKL 2, AKL 3, TKJ 1, TKJ 2, dan Pemasaran. Gelombang kedua diikuti oleh siswa kelas XII MM, PSPT, BDP 1, BDP 2, AP 1, AP 2, dan AP 3. Acara tersebut dibuka oleh wakil kepala sekolah bidang hubungan masyarakat dan industry beliau Ibu Dra. Aris Sudarwati didampingi Ketua Bursa Kerja Khusus Bapak Farih Mansur, S.Pd., Ibu Reva Yant Eryanna, S.Pd (Sekretaris BKK), dan Bapak Wefa Ardhika Firdaus, S. Pd (Bendahara BKK).

Dalam sosialisasi ini, Bapak Bambang Nurfauzi, ST.,MM menerangkan mengenai beasiswa yang dapat diperoleh para peserta berdasarkan jenjang pendidikan masing-masing, beasiswa program International Program of Industry Academi Collaboration in Taiwan ini adalah program yang menggabungkan antara kuliah dengan kerja (magang). Di dalam sesi pengenalan beasiswa ini, dijelaskan langkah-langkah yang harus ditempuh peserta jika ingin melamar beasiswa. “Yang paling penting adalah tentukan konsentrasi apa yang akan diambil, baru memilih universitasnya, kemudian baru lengkapi persyaratan,”. Bapak Bambang Nurfauzi, ST.,MM juga menyertakan kiat-kiat khusus agar dapat menjalani studi dan menyesuaikan diri di negeri orang agar tidak merasa shock. Selain persyaratan administrasi yang harus diurus, menurut Bapak Bambang Nurfauzi, ST.MM para peserta juga harus memperhatikan berbagai kemungkinan yang akan dihadapi ketika tinggal di luar negeri, seperti perbedaan budaya.

Ketua Bursa Kerja Khusus Bapak Farih Mansur, S.Pd. menegaskan bahwa sekarang ini begitu banyak kesempatan mendapatkan beasiswa bagi siswa di berbagai jenjang pendidikan. “Beasiswa itu sekarang betebaran dimana-mana. Kesempatan terbuka lebar bagi siapa saja yang mau mencari. Oleh karena itu, acara ini tujuannya memberikan informasi, sosialisasi bagi siswa siswi kelas XII yang ingin mencari dan ingin melanjutkan studi. Apalagi program ini merupakan program kuliah sekaligus kerja yang tentunya sangat memberikan keuntungan yang sangat besar diantaranya keuntungan investasi pendidikan berupa gelar S1 dari luar negeri dan mampu membiayai kuliahnya dari hasil kerja atau magang. Implikasi lebih lanjut, semoga acara ini bisa memberikan arahan dan pengembangan karier bagi siswa siswi SMK Negeri 3 Jepara.