Edukasi Pasar Modal Syariah dengan Teknologi Reksadana Syariah melalui Aplikasi BIBIT oleh Team Pengabdian Masyarakat Polines Semarang

Oleh : Setiyamada Rukmawati, S.Pd

Jepara, 30 Agustus 2023 – Pada hari Rabu, tanggal 30 Agustus 2023, sebuah kegiatan edukasi yang fokus pada pasar modal syariah dan penerapan teknologi reksadana syariah menggunakan aplikasi BIBIT telah sukses diselenggarakan oleh Team Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Semarang (Polines). Acara ini dihadiri oleh sejumlah peserta, termasuk para guru produktif jurusan perbankan syariah serta siswa kelas XII jurusan Perbankan Syariah dari SMK Negeri 3 Jepara.

Kegiatan yang berlangsung di Aula SMK Negeri 3 Jepara ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tentang pasar modal syariah bagi para guru produktif dan siswa kelas XII jurusan Perbankan Syariah. Dengan adanya penerapan teknologi reksadana syariah melalui aplikasi BIBIT, para peserta diharapkan dapat lebih memahami konsep dan praktik investasi yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

Acara tersebut berlangsung dengan lancar dan memperoleh antusiasme yang tinggi dari para peserta. Para nara sumber yang ahli di bidang pasar modal syariah memberikan presentasi dan penjelasan yang mendalam tentang konsep dasar, prinsip-prinsip, serta manfaat dari investasi dalam konteks syariah. Teknologi reksadana syariah dengan menggunakan aplikasi BIBIT juga dijelaskan secara rinci, menggambarkan bagaimana teknologi dapat memudahkan transaksi dan pemantauan portofolio investasi.

Salah satu hal menarik dari kegiatan ini adalah insentif bagi para peserta yang aktif bertanya. Setiap siswa atau guru yang memberikan pertanyaan akan mendapatkan gift sebesar Rp. 100.000 dari nara sumber. Langkah ini diambil untuk mendorong partisipasi aktif dan interaksi dalam proses pembelajaran.

Atif Windawati, S.ST.,MBA., sebagai narasumber mengatakan, “Kami sangat gembira melihat antusiasme para peserta dalam acara ini. Edukasi pasar modal syariah dan penerapan teknologi reksadana syariah melalui aplikasi BIBIT merupakan langkah penting dalam mempersiapkan generasi muda untuk memiliki pemahaman yang lebih baik tentang investasi yang sejalan dengan nilai-nilai syariah.” Diharapkan bahwa edukasi ini akan memberikan dampak positif dalam peningkatan pemahaman dan partisipasi dalam pasar modal syariah di kalangan guru produktif dan siswa kelas XII jurusan Perbankan Syariah di SMK Negeri 3 Jepara, serta menjadi tonggak penting dalam memajukan pendidikan ekonomi syariah di wilayah tersebut.

4 Replies to “Edukasi Pasar Modal Syariah dengan Teknologi Reksadana Syariah melalui Aplikasi BIBIT oleh Team Pengabdian Masyarakat Polines Semarang”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *