Pembinaan MGMP PKK SMK Se-Kabupaten Jepara Fokus pada Pembuatan Modul Ajar dan Best Practice Antar Jurusan

Oleh : Awal Nurro’ining, S.Pd

Jepara, 30 Agustus 2023 – Musyawarah Guru Pengampu Mapel PKK dari SMK Negeri dan Swasta di Kabupaten Jepara berkumpul dalam kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh MGMP PKK. Acara ini berlangsung di Ruang Meet 2, SMK Negeri 3 Jepara, pada hari Rabu (30/8/2023), dimulai pukul 09.00 hingga selesai.

Pembinaan yang dilakukan oleh Pengawas Pembina MGMP PKK ini mengusung dua fokus utama, yakni pembuatan Modul Ajar serta pengembangan Best Practice antar jurusan di masing-masing sekolah. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di lingkungan SMK-se Kabupaten Jepara melalui penerapan metode yang lebih efektif dan efisien.

Lebih dari sekadar sekumpulan guru, acara ini melibatkan para Bapak dan Ibu Guru pengampu mapel PKK yang datang dari berbagai sekolah di Kabupaten Jepara. Sejumlah materi disampaikan dalam pertemuan kali ini, dengan porsi utama membahas tentang penyempurnaan pembuatan Modul Ajar. Modul Ajar merupakan alat penting dalam mendukung proses pembelajaran yang terstruktur dan terarah.

Pengawas Pembina MGMP PKK menggarisbawahi pentingnya modul ajar yang sesuai dengan kebutuhan kurikulum serta karakteristik siswa. Para guru didorong untuk mengembangkan modul ajar yang kreatif, interaktif, dan sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini.

Selain itu, pembahasan tentang Best Practice juga menjadi bagian sentral dalam pertemuan tersebut. Best Practice merujuk pada metode, teknik, atau strategi pembelajaran terbaik yang telah terbukti efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Guru-guru diharapkan untuk saling berbagi praktik terbaik di antara jurusan-jurusan dan sekolah-sekolah, sehingga terjadi sinergi yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan.

Dalam sambutannya, Pengawas Pembina MGMP PKK menyampaikan, “Kegiatan MGMP ini memiliki peran strategis dalam menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Jepara. Kolaborasi antar guru dalam pembuatan Modul Ajar dan penerapan Best Practice dapat memberikan dampak positif dalam peningkatan kompetensi dan hasil belajar siswa.”

Kegiatan MGMP PKK ini direncanakan akan berlangsung secara rutin setiap minggu, sebagai wadah bagi para guru untuk terus mengembangkan diri, berbagi pengalaman, dan mengikuti tren terbaru dalam dunia pendidikan. Dengan semangat kolaborasi dan peningkatan kompetensi yang diusung oleh MGMP PKK SMK Se Kabupaten Jepara, diharapkan pendidikan di daerah ini terus mengalami perkembangan yang positif.