Pembelajaran Matematika Kelas X TJKT1 di SMK Negeri 3 Jepara Menggunakan Quizizz dalam Ulangan Materi Bilangan Pangkat( Eksponen)

Oleh : Alfu Laila, S.Pd

Jepara, 31 Agustus 2023 – Pada hari Kamis ini, tepatnya pukul 10.40, siswa-siswa kelas X Teknik Jaringan dan Komunikasi Teknologi (TJKT1) di SMK Negeri 3 Jepara menjalani ulangan berbasis teknologi informasi yang cukup inovatif. Ujian kali ini memanfaatkan platform pembelajaran online, yaitu Quizizz, untuk menguji pemahaman mereka terhadap materi Bilangan Pangkat (eksponen).

Metode pembelajaran ini merupakan salah satu contoh bagaimana teknologi dapat diintegrasikan dengan baik dalam proses pendidikan. Dengan memanfaatkan platform Quizizz, siswa dapat mengikuti ujian dengan lebih interaktif dan dinamis. Mereka dapat menjawab rangkaian pertanyaan langsung melalui perangkat komputer atau ponsel pintar mereka, sambil memantau waktu yang tersisa untuk masing-masing pertanyaan.

Ibu Alfu Laila, S.Pd, guru Matematika kelas X TJKT1, menjelaskan bahwa pendekatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat serta hasil belajar siswa dalam mata pelajaran yang sering dianggap kompleks seperti Bilangan Pangkat (eksponen). “Kami ingin memberikan pengalaman belajar yang berbeda dan menarik bagi siswa kami. Dengan memanfaatkan Quizizz, mereka dapat berinteraksi dengan soal-soal ujian secara langsung, yang nantinya juga dapat memberikan umpan balik langsung tentang jawaban yang benar,” ungkap Ibu Alfu Laila, S.Pd

Selain memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik, pendekatan ini juga membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan berbasis teknologi yang semakin penting dalam dunia yang terus berkembang ini. Siswa belajar untuk menggunakan platform pembelajaran online dengan lebih terampil, yang tentunya akan bermanfaat bagi mereka dalam menghadapi tantangan di masa depan.

Kepala SMK Negeri 3 Jepara, Sunaji, S.Pd., M. Eng. Menyatakan dukungannya terhadap pendekatan pembelajaran inovatif seperti ini. “Kami bangga melihat bagaimana para guru kami berusaha untuk menciptakan lingkungan belajar yang inspiratif dan mendukung perkembangan siswa. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran adalah langkah yang kami nilai positif, terutama dalam mempersiapkan generasi muda kami untuk menghadapi persaingan global,”

Diharapkan bahwa pendekatan pembelajaran ini akan memberikan dampak positif terhadap pemahaman dan minat siswa terhadap materi Bilangan Pangkat (eksponen), serta membuka jalan bagi pengembangan metode pembelajaran inovatif lainnya di masa depan. Semoga langkah-langkah seperti ini terus menginspirasi perkembangan dunia pendidikan di SMK Negeri 3 Jepara.

5 Replies to “Pembelajaran Matematika Kelas X TJKT1 di SMK Negeri 3 Jepara Menggunakan Quizizz dalam Ulangan Materi Bilangan Pangkat( Eksponen)”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *