MENGOPTIMALKAN PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING ( PjBL) TERINTEGRASI DAN MEMAKSIMALKAN PENGGUNAAN akunbelajar.id

Oleh: Rini Usmawati, S.Pd

Jepara, 06 September 2023 – Pendidikan merupakan salah satu fondasi utama dalam pembangunan masyarakat yang berkualitas. Guru-guru di seluruh dunia berperan penting dalam proses pendidikan ini, dan untuk memberikan pendidikan yang berkualitas, mereka perlu terus menerus meningkatkan kemampuan mereka dalam mengolah pembelajaran. Di SMK Negeri 3 Jepara, diadakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengolah pembelajaran dengan menggunakan Model Project-Based Learning (PjBL) yang terintegrasi dengan platform Akun Belajar.id. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 6 September 2023 dan diikuti oleh seluruh guru SMK Negeri 3 Jepara.

Model Project -Based Learning (PjBL) telah lama diakui sebagai metode pembelajaran yang efektif dalam mengembangkan pemahaman konsep, pemecahan masalah, serta keterampilan berpikir kritis peserta didik. PjBL mendorong peserta didik untuk aktif dalam memecahkan masalah dunia nyata, sehingga mereka belajar dengan lebih mendalam dan berkesan. Untuk membawa manfaat ini ke dalam ruang kelas, guru perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang bagaimana menerapkan PJBL.

Dalam era digital seperti sekarang, teknologi telah menjadi media yang sangat kuat dalam memfasilitasi pembelajaran. Salah satu media yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Akun Belajar.id. Akun Belajar.id adalah platform pembelajaran online yang menyediakan akses ke berbagai sumber belajar, tugas, dan evaluasi. Dalam kegiatan ini juga disampaikan materi tentang pemanfaatan Canva for Education. Materi kegiatan disampaikan oleh kepala SMK Negeri 3 Jepara dan beberapa guru yang sudah berpengalaman dibidangnya. Mereka memberikan pandangan tentang pentingnya pengembangan kemampuan guru dalam mengimplementasikan PjBL dan bagaimana membuat media pembelajaran yang efektif dan menarik untuk peserta didik.

Melalui kegiatan ini dapat menciptakan ruang bagi guru-guru untuk bertukar pengalaman, bertanya, dan berdiskusi tentang bagaimana mereka dapat mengintegrasikan PjBL dan Akun Belajar.id dalam pembelajaran mereka. Dengan guru-guru yang terampil dalam menerapkan PjBL dan memanfaatkan teknologi pendidikan, peserta didik diharapkan akan memiliki pengalaman pembelajaran yang lebih bermakna dan relevan dengan kebutuhan dunia kerja. Melalui pelatihan dan pengalaman yang diperoleh dalam kegiatan ini, guru-guru dapat menjadi agen perubahan yang membawa inovasi dalam dunia pendidikan. Kegiatan ini ditutup dengan evaluasi serta komitmen untuk terus menerapkan pembelajaran yang telah diperoleh dalam ruang kelas. Dengan demikian, pendidikan di SMK Negeri 3 Jepara akan terus berkembang dan menjadi pondasi yang kuat bagi masa depan pesert didik.

Dengan semangat yang tinggi, para guru di SMK Negeri 3 Jepara melangkah maju menuju masa depan pendidikan yang lebih baik, di mana pembelajaran menjadi lebih bermakna dan peserta didik dapat bersiap menghadapi tantangan dunia yang terus berubah. Mari kita berharap bahwa hasil dari kegiatan ini akan mengilhami perubahan positif dalam pendidikan di SMK Negeri 3 Jepara dan sekitarnya.

2 Replies to “MENGOPTIMALKAN PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING ( PjBL) TERINTEGRASI DAN MEMAKSIMALKAN PENGGUNAAN akunbelajar.id”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *