Implementasi Canva for Education untuk Pembelajaran yang Lebih Menarik dan Interaktif

Jepara, 06 September 2023

Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak yang signifikan terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Pembelajaran tatap muka dihentikan selama lebih dari dua tahun, dan pembelajaran jarak jauh (PJJ) menjadi alternatif utama. Peralihan ke PJJ memberikan tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan. Guru dan peserta didik perlu beradaptasi dengan teknologi dan metode pembelajaran baru. Selain itu, PJJ juga menimbulkan kesenjangan digital, di mana peserta didik dari keluarga kurang mampu tidak memiliki akses yang memadai ke teknologi dan internet. Pasca Covid, sedikit banyak metode pembelajaran yang berbasis visual lebih disukai oleh peserta didik sehingga ini menjadi tantangan baru bagi para guru tidak terkecuali guru di SMK Negeri 3 Jepara. Oleh karena itu pada hari Rabu, 6 September 2023 Tim Penjamin Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) SMK Negeri 3 Jepara memberikan pelatihan tentang bagaimana cara membuat pembelajaran yang menarik dan interaktif dengan Canva for Education.

Canva for Education adalah platform desain grafis online yang dirancang khusus untuk guru dan peserta didik yang gratis 100% untuk digunakan pada tingkat sekolah dasar dan menengah dengan syarat log in menggunakan akun belajar.id. Canva for Education menawarkan berbagai fitur dan manfaat yang dapat membantu guru dan peserta didik untuk meningkatkan kreativitas dan kolaborasi di kelas. Hal ini dapat menjadi salah satu upaya kebangkitan dunia pendidikan pasca COVID-19 karena dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan nyaman bagi semua peserta didik.

Pada pelatihan tersebut bapak ibu guru diajarkan bagaimana memanfaatkan Canva untuk membuat Video pembelajaran hingga siap di unggah di You Tube atau aplikasi sejenisnya. Adapun tips-tips yang diberikan antara lain:

  1. Pilih template video yang sesuai dengan topik dan target audiens . Canva for Education menawarkan berbagai template video yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  2. Gunakan elemen desain yang menarik dan menarik perhatian. Canva for Education menawarkan berbagai elemen desain, seperti grafik, gambar, dan animasi, yang dapat digunakan untuk membuat video dan konten YouTube lebih menarik.
  3. Tambahkan teks dan keterangan yang jelas dan mudah dipahami. Teks dan keterangan adalah penting untuk memastikan bahwa audiens dapat memahami konten yang dibuat
  4. Lakukan uji coba sebelum mengunggah video. Pastikan video berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan

Dengan tips-tips yang diberikan, diharapkan guru SMK Negeri 3 Jepara dapat meningkatkan kreativitas yang dimiliki sehingga mampu menciptakan media pembelajaran yang menarik dan interaktif untuk menunjang proses transfer ilmu ke peserta didik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *