SOSIALISASI DAN PEMBEKALAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN KELAS XI BISNIS DARING DAN PEMASARAN ( BDP ) BERSAMA RAMAYANA – KUDUS TENTANG “ ETOS KERJA “ DI SMK NEGERI 3 JEPARA

Oleh : Awal Nurro’ining

Kamis, 19 Oktober 2023, Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan keterampilan dan pengetahuan siswa di bidang Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 3 Jepara. Melalui PKL, para siswa memiliki kesempatan untuk mengalami secara langsung suasana kerja di dunia nyata dan menerapkan pengetahuan teoritis yang telah mereka pelajari di kelas ke dalam praktik sehari-hari. Berikut adalah beberapa alasan mengapa pelaksanaan PKL penting bagi para siswa:

  1. Penerapan Pengetahuan Teoritis: PKL memungkinkan para siswa untuk menguji dan menerapkan pengetahuan teoritis yang mereka peroleh di kelas ke dalam situasi nyata di lingkungan kerja. Hal ini membantu mereka memahami secara lebih mendalam tentang bagaimana teori diterapkan dalam praktik bisnis sehari-hari.
  2. Pengembangan Keterampilan Praktis: PKL memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan praktis yang diperlukan dalam industri Bisnis Daring dan Pemasaran, seperti keterampilan komunikasi, manajemen waktu, penyelesaian masalah, dan kemampuan bekerja dalam tim. Hal ini mempersiapkan mereka dengan lebih baik untuk tantangan yang mungkin mereka hadapi di dunia kerja.
  3. Peningkatan Kesadaran Industri: Melalui PKL, siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang berbagai aspek industri Bisnis Daring dan Pemasaran, termasuk proses operasional, tren pasar, strategi pemasaran, dan tantangan yang dihadapi oleh perusahaan dalam industri tersebut. Hal ini membantu mereka mengembangkan wawasan yang lebih luas dan mendalam tentang bidang yang mereka minati.
  4. Pembentukan Jaringan Profesional: PKL memberikan kesempatan bagi para siswa untuk memperluas jaringan profesional mereka dengan berinteraksi langsung dengan praktisi industri, mentor, dan kolega kerja. Hal ini dapat membantu mereka dalam membangun hubungan yang berharga dan memperluas peluang karier di masa depan.
  5. Persiapan Karier yang Lebih Baik: Melalui pengalaman PKL, para siswa dapat memperoleh gambaran yang lebih jelas tentang karier yang mereka minati dan mengidentifikasi bidang spesialisasi yang mereka inginkan di masa depan. Hal ini membantu mereka dalam membuat keputusan yang lebih baik terkait dengan pendidikan lanjutan dan jalur karier yang akan mereka pilih setelah lulus.

Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 3 Jepara telah mengadakan kerjasama dengan beberapa Dunia Usaha Dunia Industri ( DUDI ) di area Jepara dan di  Kudus antara lain :

  1. Perusahaan Naza Art Wonorejo Jepara
  2. Saudara Swalayan Jepara
  3. PT.Mesvay Nusantara One Bandengan
  4. ADI JAYA – Kalinyamatan Jepara
  5. PT. Els Artsindo Ngabul – Jepara
  6. Suryamart Kalinyamatan – Jepara
  7. Toko  Anugrah Baru Jepara
  8. Hypermart – Kudus
  9. Matahari Departmen Kudus
  10. Ramayana – Kudus
  11. Zyan – Collection Pecangaan
  12. Fatma Kencana dan Widia Fashion Welahan
  13. Apotik  Pasena
  14. Singa Perdana Cell Jepara

Sesuai agenda dari sekolah bahwa pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan  kelas XI jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran ini terbagi dalam tiga tahapan meliputi :

  1. Pembekalan : Untuk pembekalan meliputi pemberian teori-teori dan praktek di sekolah selama dua minggu yaitu mulai 12 Oktober – 31 Oktober 2023.
  2. Pelaksanaan : Praktek Kerja Lapangan yaitu dimulainya terjun ke dunia usaha dunia industry selama lima bulan terhitung mulai 01 Nopember 2023 – 05 April 2024.
  3. Pelaporan : yaitu tahapan yang dilakukan siswa selama dua minggu terhitung mulai 22 -30 April 2024 untuk membuat laporan kegiatan selama Praktek Kerja Lapangan yang dibimbing oleh para Bapak / Ibu guru pembimbing serta mempresentasikan laporannya,

Pada hari Kamis, 19 Oktober 2023, SMK Negeri 3 Jepara mengadakan pembekalan penerjunan pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan bagi siswa-siswi kelas XI jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran. Acara ini diselenggarakan untuk memberikan persiapan yang komprehensif bagi para siswa sebelum mereka terjun langsung ke dunia kerja. Kegiatan ini dihadiri oleh nara sumber dari Dunia Usaha Dunia Industri Ramayana Departmen Store Kudus oleh Bapak Irjan Fadli., S.H dengan  materi utama tentang “Etos Kerja.”

Dalam acara tersebut, para siswa mendapat wawasan yang mendalam mengenai pentingnya memiliki etos kerja yang kuat dalam dunia kerja. Nara sumber dari Dunia Usaha Dunia Industri Ramayana Departemen Sore Kudus memberikan gambaran komprehensif mengenai arti sebenarnya dari etos kerja, termasuk nilai-nilai fundamental yang harus diterapkan dalam setiap aspek pekerjaan. Mereka menyoroti pentingnya komitmen, ketekunan, tanggung jawab, dan integritas sebagai pilar utama dalam membentuk etos kerja yang kuat.

Selain itu, para siswa juga diberikan contoh-contoh nyata dan cerita inspiratif tentang bagaimana etos kerja yang baik dapat memberikan dampak positif bagi karier seseorang. Nara sumber juga mengajarkan strategi praktis untuk mengembangkan dan mempertahankan etos kerja yang kuat di lingkungan kerja yang dinamis. Materi ini memberikan wawasan yang berharga bagi para siswa dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan dunia kerja modern.

Dengan adanya acara pembekalan ini, diharapkan para siswa mampu mengaplikasikan nilai-nilai etos kerja yang telah dipelajari ke dalam praktik saat menjalani Praktek Kerja Lapangan. SMK Negeri 3 Jepara berharap bahwa para siswa dapat menjadi calon tenaga kerja yang berkualitas dan profesional, siap untuk bersaing di industri bisnis daring dan pemasaran yang semakin kompetitif.

Demikian  informasi dari Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 3 Jepara tentang pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan yang dilaksanankan oleh siswa-siswi kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran Tahun ajaran 2023-2024.