Inovasi Digitalisasi melalui QR code Tanaman  Menuju Sekolah Adi Wiyata

SMK Negeri 3 Jepara membuat terobosan inovasi menuju Sekolah Adi Wiyata dengan  pembuatan barcode tanaman di lingkungan sekolah. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Senin, 21 Agustus 2023, mulai pukul 07.00 sampai selesai yang melibatkan peserta didik kelas X  di pandu oleh ibu Santi Dewi, S.T. Pembuatan barcode meliputi persiapan mengklasifikasian tanaman, membuat barcode dan  laminating,  selanjutnya peserta didik memberikan barcode di setiap tanaman di lingkungan sekolah SMK Negeri 3 Jepara

Pembuatan barcode tanaman menjadi terobosan yang menarik dalam memperkenalkan keanekaragaman tanaman  di sekitar SMK Negeri 3 Jepara. Setiap tanaman akan dilengkapi dengan barcode yang memudahkan akses terhadap informasi rinci mengenai asal-usul, jenis, dan manfaat dari tanaman.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah memberikan informasi mendalam kepada siswa dan warga sekolah mengenai keberagaman tanaman yang ada di lingkungan sekolah beserta spesifikasi detailnya. Langkah ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih luas dan mendalam tentang tanaman serta memfasilitasi upaya perawatan yang lebih baik.

Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Jepara, Bapak Sunaji, S.Pd, M.Eng, menyampaikan, “Kami bangga mengumumkan langkah inovatif ini sebagai upaya kami untuk lebih mendekatkan siswa dengan keanekaragaman alam. Dengan kegiatan ini, kami harap siswa dapat belajar dengan lebih interaktif dan mendalam tentang tanaman di sekitar lingkungan sekolah. dan Inovasi ini bukan hanya sekadar pengenalan tanaman, tapi juga upaya kami dalam menerapkan teknologi untuk kebaikan lingkungan. Dengan adanya pemberian barcode tanaman ini, kami ingin menciptakan lingkungan yang bisa memberikan pengetahuan mendalam bagi siswa tentang tanaman serta memupuk rasa tanggung jawab terhadap lingkungan.”

SMK Negeri 3 Jepara berharap langkah inovatif ini dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain untuk mengintegrasikan teknologi dalam pendekatan edukasi lingkungan. Sekolah ini terus berkomitmen untuk menjadikan lingkungan sekolah sebagai wahana pembelajaran yang dinamis dan berkelanjutan dan  sebagai platform pembelajaran berkelanjutan. Langkah konkret ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi sekolah lain untuk turut serta dalam mendukung pendidikan lingkungan yang lebih holistik dengan dukungan teknologi yang terintegrasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *