Pengaruh Project Automatic light Application Based Voice dalam Ruangan, Hasil Ciptaan Peserta Didik Kelas XII Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 3 Jepara

Oleh

Ghaida Tamma Rusyda(1*), Callista Ali Cahyaningtyas(2), Elsa Noor Maulida(3), Dhea Paramita Agustin(4), Ananda Putra(5), Mugni Labib(6)

Ciri-ciri negara maju salah satunya adalah memiliki banyak wirausahawan. Oleh karena itu baru-baru ini pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sedang gencar-gencarnya mengintegrasikan mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di tingkat SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan.

Mata Pelajaran tersebut terdapat di jenjang SMK di kelas XI (sebelas) dan XII (dua belas). Mata Pelajaran ini sejatinya adalah pelajaran yang mengasyikkan karena mampu mengakomodir sisi lain dari kemampuan siswa, tidak hanya dari segi ilmu pengetahuan saja, melainkan kemampuan siswa akan digali dari beberapa aspek seperti aspek seni, aspek kreativitas maupun inovasi. Tidak hanya itu mata pelajaran ini juga menuntut kerjasama dan kolaborasi antar siswa untuk menumbuhkan semangat saling melengkapi guna menciptakan ekosistem bisnis yang saling menguntungkan.

Banyak jurusan di SMK salah satunya adalah TKJ atau Teknik Komputer dan Jaringan, jurusan ini erat kaitannya dengan bidang Teknologi Informasi seperti Internet beserta konten yang menyertainya.

Karena dalam TKJ juga mempelajari ilmu lain seperti Desain, Programming maupun Bidang Eletronika Dasar, maka produk kreatif dalam ranah TKJ boleh saja tidak menyentuh inti dari TKJ, bisa saja berupa produk pendukung untuk produk intinya.

Pada tanggal 10 November 2023 pukul 08.00, SMK Negeri 3 Jepara  menciptakan Proyek Kerja yang dilakukan oleh siswa 12 jurusan TKJ 1. Dengan pembimbing Bapak Nur Badri.S,Kom  yang dibagi menjadi 6 kelompok. Dari kelompok tersebut berhasil membuat alat-alat yang berguna dan bermanfaat bagi manusia. Terutama Kelompok kami yang mempresentasikan pengerjaannya yaitu Kelompok Electrical Cyber, yang membuat alat yang bernama Lampu Otomatis Jarak Jauh. Tujuan dibuatnya alat ini yaitu untuk memudahkan seseorang dalam menghidupkan atau mematikan lampu tanpa harus menekannya. Dengan dibekali lampu sensor jarak jauh pada aplikasi yang bernama LitUp tersebut.

Dengan menggunakan bahan: Arduino Uno, Lampu, Fitting Lampu, Kabel Jumper Female, Kabel Jumper Male, Project Boart, Modul Bluetooth HC-05, Relay 5v 2 channel, Baut, Stop Kontak 3, Adaptor USB. Alat: Obeng dan Lem Tembak.

Alat yang kami buat  tersebut mengambil dari gagasan ide atau imajinasi kami dan juga referensi dari buku atau media lainnya yang digabung menjadi satu. Dengan lama pengerjaan yang membutuhkan waktu kurang lebih 1 bulan, kelompok kami dapat mengerjakannya dengan berhasil dan sukses.  Tetapi dalam pembuatan alat penghidup lampu otomatis menggunakan aplikasi ini, terdapat beberapa faktor yang  menghambat pengerjaannya yaitu: waktu pengerjaan yang cukup lama bagi pelajar. Disini pelajar harus meluangkan waktu sehabis pulang sekolah atau waktu senggangnya untuk pembuatan alatnya, bahan yang dibeli kebanyakan di online karena di desa seperti ini masih jarang, biaya yang cukup besar.

Dari pengerjaan kerja proyek tersebut, Anggota Electrical Cyber berhasil mencuri perhatian dan apresiasi dari Kasubag TU dan Kasi SMA cabdin II.

Alhamdulillah akhirnya SMKN 3 Jepara telah mampu menghasilkan karya hebat dari generasi anak bangsa. Tetap semangat dan teruslah berkarya siswa-siswa SKAGARA…!!!

Kasubag TU Cabang Dinas II Ibu Dra. Eko Gustini Wardani Pramukawati bersama Bapak Kepala sekolah SMK N 3 Jepara Bapak Sunaji, S.Pd., M. Eng foto Bersama dengan anak – anak pembuat Elektrical Cyber

3 Replies to “Pengaruh Project Automatic light Application Based Voice dalam Ruangan, Hasil Ciptaan Peserta Didik Kelas XII Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 3 Jepara”

  1. Keren, karya yang luar biasa dari siswa SMK Negeri 3 Jepara. Sudah bisa menciptakan alat otomatis berteknologi sederhana namun manfaatnya luar biasa. Ini memudahkan pekerjaan kita tanpa perlu repot-repot lagi.

  2. Kalo suka main-main sama link dan bikin biolink, cobain deh ke v.af. Nyamannya sama kayak yang lain, tapi v.af punya kelebihan sendiri. Pasti bakal enjoy! Jadi, yuk langsung cek di v.af, oke? đź‘Ť

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *