SOSIALISASI SEKOLAH BERINTEGRITAS SMK NEGERI 3 JEPARA

Oleh: Citra Ayu Amelia

Rabu, 24 Januari 2023 Berdasarkan KEPUTUSAN KEPALA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI JAWA TENGAH NOMOR : 420/26306 TENTANG SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA), SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK), DAN SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) SEBAGAI PENYELENGGARA SEKOLAH BERINTEGRITAS PROVINSI JAWA TENGAH. SMK Negeri 3 Jepara menjadi salah satu sekolah berintegritas. Sekolah berintegras yang telah melekat di SMK Negeri 3 Jepara harus diketahui oleh seluruh warga sekolah

Pengertian dari kata integritas adalah keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan kejujuran. Dalam etika, integritas diartikan sebagai kejujuran dan  kebenaran dari tindakan seseorang. Jika kita sambungkan dengan kata Sekolah, maka bisa diartikan Sekolah yang konsisten dalam menjunjung tinggi nilai luhur keyakinan dengan landasan kejujuran dan kebenaran sebagai lembaga pendidikan. Karena pada dasarnya integritas seseorang itu bisa dilihat dari tindakannya, yaitu lebih mengutamakan kejujuran dan kebenaran. Bukan karena keinginan atau dorongan dari pihak tertentu. Sekolah sebagai lembaga pendidikan harus bisa mencetak siswa/siswi yang berintegritas, jujur dan benar dalam bertindak selain siswa/siswi tersebut berprestasi.

Untuk mengetahui makna dari sekolah berintegritas di seluruh lapisan warga sekolah, SMK Negeri 3 Jepara kemudian mengadakan sosialisasi ke setiap kelas yang dilakukan oleh guru pada saat kegiatan belajar mengajar. Hal ini dilakukan agar seluruh warga SMK Negeri 3 Jepara mengetahui makna dari sekolah berintegritas tersebut. Kegiatan sosialisasi yang dilakukan para guru selain untuk menjelaskan makna dari inti sekolah berintegritas itu sendiri, para guru juga menjelaskan bahwa di dalam pelaksanaan integritas bisa ditanamkan dalam nilai-nilai antikorupsi seperti halnya memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, mandiri, sederhana, adil, berani, peduli.

Integritas sangatlah penting apalagi pada era teknologi yang perkembangannya sangat pesat banyak orang-orang pintar, orang-orang dengan pengetahuan tinggi tapi sayang, bertindak tidak jujur, tidak benar dengan menyalahi aturan atau kaidah yang berlaku. Tidak sesuai dengan hukum atau kaidah keilmuan. Yang seharusnya semua itu bisa diterapkan dengan kejujuran. Melalui sosialisasi inilah harapannya siswa-siswi SMK Negeri 3 Jepara selalu menjunjung tinggi kejujuran sepanjang waktu, dimanapun, dan dalam kondisi apapun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *